Page Nav

HIDE

Update

latest

UHAMKA Laksanakan Pelatihan Komunikasi Menjelang PILKADA TANGSEL

Pelatihan kesantunan Berkomunikasi  UHAMKA  Melaksanakan Pelatihan Kesantunan Berbahasa dan Etika Berkomunikasi bagi Remaja Karang Taruna Ga...

Pelatihan kesantunan Berkomunikasi 

UHAMKA  Melaksanakan Pelatihan Kesantunan Berbahasa dan Etika Berkomunikasi bagi Remaja Karang Taruna Gajah Tunggal Pondok Benda Indah RW 019 Kelurahan Benda baru Kecamatan Pamulang Provinsi Banten, dalam bentuk Webinar  dengan menggunakan media sosial, Zoom meeting dan Google Meet.
 Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan September sampai November 2020  sebelum  PILKADA serentak 9 Desember 2020 yang lalu . 

Hal ini dilakukan dalam rangka Mengedukasi Masyarakat agar Berpartisipasi Aktif untuk  Mengikuti Pilkada Tangerang Selatan di Masa Pandemi Covid -19. Bersama dua Narasumber yaitu Dr. Dede Hasanudin, M.Hum dengan materi tentang Kesantuan Berbahasa di Ruang Publik. Kemudian Dr. Hj. Novi Andayani Praptiningsih, M.Si  menyampaikan  materi tentang Etika Berkomuniasi dengan Masyarakat. 

Menyampaikan Etika Berkomuniasi dengan Masyarakat sangat berkontribusi  menambah kualitas pembekalan yang diberikan kepada remaja dan pemuda karang taruna ini.  Sebagai orang timur, “Kita harus mengutamakan adat istiadat yang berlaku dan sampai saat ini masih kita junjung tinggi, yaitu sopan santun, menyapa dengan baik lawan bicara kita,  menghormati yang lebih tua dari kita, dan menghargai pendapat orang lain” Ucap Novi saat memberikan pelatihan.

Dr. Dede Hasanudin, M.Hum. yang juga merupakan Ketua Tim PKM UHAMKA, menyampaikan bahwa Kegiatan ini bermula dari keinginan Tim PKM Uhamka untuk melibatkan Kaum Milenial sebagai generasi penerus bangsa di masa datang, agar aktif dan turut serta membantu pemerintah daerah dalam menyukseskan PILKADA serentak. 

Kita ketahui Bersama bahwa PILKADA kali ini dilaksanakan dalam kondisi bangsa Indonesia sedang mengalami Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Tentunya dengan kondisi seperti ini, banyak kekhawatiran masyarakat untuk datang ke tempat pemungutan suara dengan berbagai alasan,  Seperti Khawatir tertular, ingin menghindari kerumunan dan lain-lain, walaupun semua petugas KPPS sudah mengkondisikan dengan protokol kesehatan.  Jika hal ini dibiarkan maka  partisipasi masyarakat dalam memberikan hak suaranya akan menurun. Sambungnya

Lebih lanjut Dede Hasanudin  menyatakan bahwa kegiatan ini akan dianggap lebih berhasil setelah kita melihat partisipas masyarakat dalam memberikan hak suara saat PILKADA berlangsung yaitu 9 Desember 2020. Ini berarti adik-adik remaja dan pemuda Karang Taruna Gajah Tunggal sudah mampu secara langsung menerapkan ilmu yang diberikan oleh kedua narasumber untuk mengedukasi masyarakat dalam partisipasi aktif memberikan hak suaranya.  Kegiatan ini berjalan sukses, dan peserta walaupun secara bergantian mengikuti webinar, mereka merasa puas dan mendapat ilmu baru tentang santun berbasa dan etika berkomunikasi kepada masyarakat umum. 

Tim PKM UHAMKA berharap kegiatan ini dapat membantu para generasi milenial ini dalam memahami tentang pentingnya memberikan kontribusi berharga kepada PEMDA sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing agar PILKADA serentak di Tangerang Selatan dapat berlangsung damai, tertib, dan lancar. Selain itu, ilmu yang diberikan dapat bermanfaat di masa datang, manakala mereka terpilih menjadi anggota KPPS, anggota PPK, anggota KPU, bahkan tidak tertutup kemungkinan menjadi anggta DPRD. Tutupnya

Tidak ada komentar