Page Nav

HIDE

Update

latest

Pelatihan Pembelajaran dan Pengembangan Instrumen HOTS bagi Guru SMA Muhammadiyah di Jakarta Timur

Koranmu Indonesia -Dosen FKIP Uhamka menyelenggarakan kegiatan  Pengabdian Kepada Masyarakat yang berjudul “Pelatihan Pembelajaran dan Peng...



Koranmu Indonesia -Dosen FKIP Uhamka menyelenggarakan kegiatan  Pengabdian Kepada Masyarakat yang berjudul “Pelatihan Pembelajaran dan Pengembangan Instrumen HOTs Mata Pelajaran Matematika untuk  Guru-Guru SD Muhammadiyah Jakarta Timur” melalui zoom meeting Kagiatan ini dilakukan dalam dua  sesi seminar penyampaian pembelajaran berbasis HOTS dan materi pengembangan Instrumen  HOTS. 

Materi pertama disampaikan oleh  bapak Aslam, M.Pd mengenai pembelajran berbasis HOTS. Materi yang disampaikan  mengenai konsep pembelajaran berbasis kemampuan tingkat tinggi serta strategi  pembelajaran HOTS. Peserta terlihat antusias mendengarkarkan narasumber yang  menyampaian materi. Hal ini tentunya terlihat dari respons positif guru-guru yang terlihat  dalam sesi Tanya jawab

Pelatihan pembelajaran dan pengembangan istrumen HOTS bagi guru-guru di Sekolah  Dasar Muhammadiyah Jakarta Timur merupakan salah satu program bagian dari pengabdian  masyarakat yang dilakukan oleh Dosen sebagai bagian dari pengembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang harus diterapkan di berbagai sekolah mitra UHAMKA. Terutama pada  sekolah dibawah naungan Muhammadiyah.

Menurut Kowiyah Penanggung Jawab kegiatan, Permasalahan yang dihadapi mitra di Sekolah Dasar  Muhammmadiyah 04 dan SD Muhammadiyah 11 Jakarta Timur adalah: 1) Kepala Sekolah dan  guru, mereka masih belum semuanya menerapkan pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order  Thinking Skill); 2)Evaluasi yang dibuat guru belum mengarah pada soal-soal berbasis HOTs  sehingga siswa masih sulit mengerjakan soal-soal HOTS; 3)Guru-guru belum memiliki  pemahaman yang mendalam bagaimana pembelajaran yang berorientasi berpikir tingkat tinggi  dan membuat instrumen yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi.

 Pelatihan  pembelajaran dan pengembangan instrumen berbasis HOTS menggunakan beberapa metode  yaitu: 1)Penyampaian materi untuk menambah wawasan dan keilmuan tentang Pembelajaran  berbasis ketrampilan berpikir tingkat tinggi; 2) Penyampaian materi pentingnya membuat  Intrumen penilaian Berbasis HOTS; 3) Pelatihan pembuatan Kisi-kisi dan butir soal intrumen  penilaian berbasis HOTS. 

Tidak ada komentar