Iklan

KoranMu Indonesia
06 Juni, 2021, 03.44 WIB
Last Updated 2021-06-06T22:17:23Z
HeadlinePendidikan

Kewirausahaan Di Era Digitalisasi Bagi Karang Taruna Kebon Tebu Muara Baru


Salah satu peran sebagai mahasiswa adalah agent of change yang dapat terjun langsung dalam kegiatan masyarakat. Untuk itu kuliah Kerja Sosial (KKS) merupakan suatu kegiatan yang sangat penting Bagi Mahasiswa UHAMKA, setelah menyelesaikan materi perkuliahan selama enam semester terakhir, mahasiswa Fakultas Agama Islam UHAMKA angkatan 2017 melaksanakan KKS yang merupakan kegiatan akademik yang merupakan agenda besar dan diselengarakan setiap tahun oleh mahasiswa semester VII (tujuh)  FAI UHAMKA sebagai bagian dari bentuk pengabdian nyata kepada masyarakat setempat guna mengaplikasikan ilmu yang didapat selama perkuliahan. 

 

Sehubungan dengan adanya wabah Covid 19 yang sedang dialami dunia termasuk Indonesia, maka kegiatan KKS pada tahun 2021 ini diselenggarakan terbatas dan seminimal mungkin tidak mengadakan kegiatan yang akan menyebabkan kerumunan. Namun hal itu tidak mengurangi rasa semangat untuk melakukan hal baik dan bermanfaat. Kami yang beranggotakan David Fatoni, Nur Ainun Oktafiani dan Fajar Rizkiansyah serta Bapak Eko Susanto, M.Si selaku dosen pembimbing melaksanakan kegiatan KKS dengan Karang Taruna Kebon Tebu Muara Baru sebagai mitra kami yang dilaksanakan pada tanggal 10 dan 19 Februari 2021.



Kegiatan KKS dilakukan melalui kegiatan Webinar menggunakan Zoom Meeting untuk memberikan sosialisasi serta edukasi yang bertemakan Kewirausahaan di Era Digitalisasi, yang dipaparkan oleh kami sebagai tim pelaksana kegiatan KKS ini dan diikuti oleh anggota dan pengurus Karang Taruna Kebon Tebu Muara Baru. Webinar ini memiliki beberapa pokok pembahasan yaitu peluang dan tantangan usaha serta perkembangan kewirausahaan di era digital.

 

Webinar ini bertujuan agar masyarakat dalam hal ini anggota dan pengurus Karang Taruna Kebon Tebu Muara Baru pentingnya berwirausaha untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu, dengan adanya webinar ini juga diharapkan mereka mau memulai berwirausaha dengan mulai berjualan dan dengan modal yang kecil, terlebih meraka termasuk generasi milenial yang masih mempunyai semangat dan kreativitas yang luas

 

Diharapkan dengan adanya kegaiatan kuliah Kerja Sosial (KKS) Mahasiswa Fakultas Agama Islam Prodi Perbankan Syariah Universitas Muhammadiah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) angkatan 2017 dapat memberikan serta memperoleh manfaat bagi kami selaku mahasiswa menambah pengalaman serta pelajaran dalam hidup bermasyarakat  dan mitra  mengetahui tentang peluang dan tantang kewirausahaan di era digital.

 

Penulis: Nur Ainun Oktafiani