Page Nav

HIDE

Update

latest

Berlatih Mendesain 3d Menggunakan Aplikasi Tinker-Cad Sebagai Upaya Mengemas Materi Pembelajaran Yang Menarik

Koranmu Indonesia - Pamulang2, 22 Januari 2022, Melanjutkan kegiatan pengmas Uhamka di SD Muhammadiyah 03 kreatif TangSel., yang pada semest...






Koranmu Indonesia - Pamulang2, 22 Januari 2022, Melanjutkan kegiatan pengmas Uhamka di SD Muhammadiyah 03 kreatif TangSel., yang pada semester sebelumnya karena kondisi situasi masih keadaan covid maka diadakan pelatihan online, dalam situasi saat ini kondisi covid di Indonesia cendrung menurun maka tim pengmas Uhamka memberanikan diri untuk mengadakan pengmas offline agar teori yang semester lalu bisa diuji cobakan oleh bapak ibu guru.

Tema pengmas kali ini adalah  “Berlatih mendesain 3D menggunakan aplikasi Tinker-cad diharapkan akan tercapai mutu pengemasan materi pembelajaran yang berkualitas” Alhamdulillah ada beberapa guru yang langsung berminat untuk membuat penjelasan materi dengan menggunakan gambar aplikasi tinkercad. 
Kami dari Tim Pengmas Uhamka menyelenggarakan pelatihan ini dengan tujuan akan melahirkan satu penjelasan materi berupa gambar-gambar 3D yang menarik untuk dilihat oleh anak-anak didik terutama pada pelajaran Menggambar, Matematika, Fisika dan mata pelajaran lainnya yang perlu penjelasan dengan cara menggambar.  

Tinkercad adalah aplikasi yang menggunakan web sebagai basisnya (online). Penggunaan aplikasi ini ditujukan untuk menjelaskan materi pembelajaran dengan menggambar di workplane tinkercad agar supaya materi yang dikemas dapat menarik, desain materi yang bisa dikemas berupa Code block, rangkaian elektrik, atau desain dasar 3D. Di awal kita harus masuk dalam situs tinkercad yaitu https://www.tinkercad.com/  Aplikasi ini tidak berbayar atau gratis.sehingga kapanpun kita mau pakai yang penting berada pada kawasan internet maka aplikasi ini bisa dengan mudah kita gunakan. 

Bapak ibu guru dengan memilih 3D designs dan Create New Designs maka kita akan diarahkan pada halaman kerja (work plane) di sini ada banyak pilihan gambar sesuai dengan yang kita perlukan. 
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan bapak ibu guru setelah mengikuti pelatihan offline maka diberi posttest ahir, dan juga diberi tugas tambahan untuk nanti bapak ibu guru mencobakan membuat materi pembelajaran sesuai dengan bidang studi yang diajarkan dan nanti akan dikirim ke tim dan akan dievaluasi. 

Kegiatan pengmas pelatihan pembuatan bahan ajar yang berkualitas ini akan terus dilanjutkan guna mencapai tarap penguasaan cara mengemas materi pembelajaran yang menarik sehingga anak didik akan terdorong untuk membaca dan mencoba untuk mempelajarinya. Program pengmas LPPM Uhamka ini sangatlah membantu masyarakat dalam berbagai bidang sesuai dengan bidang ilmu dari Tim pelaksana, diharapkan kedepan akan terus terjaga kerjasama dan silaturahim yang baik terhadap mitra sekitar kampus.

Penulis : Rosalina
Email : rosalina@uhamka.ac.id.

Tidak ada komentar