Page Nav

HIDE

Update

latest

Memanfaatkan Solar Panel Sebagai Energi Terbarukan Bagi Kompor Induksi

Koranmu Indonesia - Cariu Bogor, 13 Oktober 2021, Dimulainya bulan pertama Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Risetmu yang bertemak...





Koranmu Indonesia - Cariu Bogor, 13 Oktober 2021, Dimulainya bulan pertama Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Risetmu yang bertemakan “Pemasangan Solar Panel mampu menunjang kegiatan praktikum siswa” berlokasi di sekolah SMK Muhammadiyah Cariu Bogor.
Pengmas Risetmu ini bertujuan untuk mengujudkan kepedulian dengan sesame dan saling membantu diantara warga Muhammadiyah sampai ke daerah pelosok dibawah naungan Risetmu. Secara spesifik tujuan lain menekankan pada penyediaan sumber energy listrik tambahan di kegiatan praktikum tataboga dengan merancang pembangkit listrik tenaga surya untuk menyalakan kompor induksi.

Pada bulan pertama Tim Pengmas memberikan pengajaran secara teori tentang panel surya terhadap guru dan siswa didik dari jurusan Tata Boga, dan juga mendemostrasikan bagaimana sistem (Rangkaian) bekerja sehingga menjadi sumber energy panas bagi kompor induksi, pada kesempatan itu peserta sangat tertarik untuk mencoba menyalakan kompor induksi dan ingin sekali langsung menggunakannya untuk memasak. Disamping itu Tim pengmas juga mengajari cara bagaimana mengatasi kemungkinan terjadinya trouble pada sistem sehingga sistem bisa digunakan lebih lama untuk mendukung kegiatan praktikum siswa tata boga.
 
Pada bulan kedua tanggal 18, 25 Nopember 2021 Tim pengmas Risetmu mulai mengadakan pemasangan sistem kompor induksi berbasis panel surya dengan dibantu beberapa guru dan kepala sekolah, disini sistem dipasang sampai siap untuk digunakan. 

Diharapkan kegiatan pengmas Risetmu ini dapat berkelanjutan yaitu masih banyak persoalan yang perlu dibantukan bagi masyrakat terutama warga muhammadiyah demi kesejahteraan bersama, terutama ditujukan untuk mendukung pendidikan anak bangsa sehingga tercipta pendidikan yang berkualitas. 

Penulis : Rosalina
Email : Rosalina@uhamka.ac.id.



Tidak ada komentar