Page Nav

HIDE

Update

latest

Pelatihan Parenting Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini di Cinangka Depok

Pelatihan Parenting di Cinangka Depok Dosen Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka melaksanakan pe...

Pelatihan Parenting di Cinangka Depok


Dosen Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka melaksanakan pengabdian masyarakat dengan memberikan Pelatihan Parenting Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2023 ini merupakan kerjasama Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UHAMKA dengan TK Aisyiyah Bustanul Athfal 18 Cinangka, Kota Depok. 

Ketua tim pengabdian masyarakat, Khusniyati Masykuroh, M.Pd mengatakan bahwa fenomena pelecehan seksual pada anak menjadi issue yang hangat dibicarakan pada saat ini. Pelatihan ini bertujuan untuk mengedukasi orangtua bagaimana memberikan pendidikan seks kepada anak dengan tepat sehingga kelak mereka  bisa tumbuh dengan baik sesuai dengan kodratnya sebagai anak laki yang salih dan perempuan saliha, mampu menghargai diri sendiri dan menghormati orang lain,mampu melindungi diri sendiri dari resiko pelecehan seksual yang kemungkinan bisa terjadi dimana saja, baik di sekolah, di rumah, maupun di lingkungan masyarakat.

Sementara itu Nelis Nazziatus Sadiah Qosyasih, M.Pd. narasumber pelatihan  sekaligus dosen PG PAUD UHAMKA. Mengungkapkan bahwa "Maraknya kasus kekerasan seksual mayoritas dilakukan oleh orang terdekat, oleh karena itu penting melakukan pendidikan seks sejak dini dan dimulai dari rumah oleh orang tua, menciptakan ruang aman untuk anak dimulai dari memperkenalkan anggota tubuh, mana yang boleh dan tidak boleh disentuh, terbuka bercerita tentang apapun kepada orang tua, berani mengatakan tidak kepada siapapun yang menyentuh bagian tubuh," jelasnya


Pelatihan diikuti oleh 25 peserta dengan penuh antusias dan proaktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari narasumber. Salah satu peserta menyampaikan bahwa selama mengikuti pelatihan dadanya sesak karena teringat peristiwa pelecehan yang dialami oleh keluarganya dan menyadari bahwa ternyata penting untuk mengajarkan pendidikan seks pada anak sebagai ikhtiar untuk menghindari pelecehan.

 "Terima kasih kepada Ibu Khusniyati Masykuroh dan Ibu Nelis dosen UHAMKA sekaligus narasumber yang telah berkenan memberikan materi yang sangat penting tentang pendidikan seks pada anak. Baru pertama kalinya kami mendapatkan materi ini dan ilmunya insya Allah sangat bermanfaat bagi orangtua murid di sekolah kami,” ucap Ibu Nurhidah, Kepala TK ABA 16 Cinangka, sekaligus mitra LPPM UHAMKA. Ibu Nurhidah berharap kerjasama dengan LPPM UHAMKA bisa dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan yang lain karena mitra sangat membutuhkan materi-materi yang mendukung tumbuh kembang anak usia dini.

Tidak ada komentar