Page Nav

HIDE

Update

latest

Workshop Pembelajaran Inovatif pada Lembaga PAUD di Kecamatan Cipayung

Workshop Pembelajaran Inovatif Koranmu Indonesia - Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UHAMKA bekerjasama dengan lembaga...

Workshop Pembelajaran Inovatif

Koranmu Indonesia - Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UHAMKA bekerjasama dengan lembaga PAUD di kecamatan Cipayung Jakarta Timur menyelenggarakan Workshop Pembelajaran Inovatif pada Lembaga PAUD Pada Jumat, tanggal 20 Januari 2023 melalui zoom meeting  yang dikemas dalam bentuk webinar.
Pada kegiatan ini menghadirkan 2 Narasumber yaitu Oktarina Dwi Handayani, M. Pd dan Dr. Silvie Mil, S.E,M.P dan dimoderatori oleh pendidik PAUD Bunda Winarsih, M.Pd. dalam paparan yang disampaikan oleh 2 Narasumber dijelaskan bahwa pembelajaran Inovatif pada lembaga PAUD perlu terus dikembangkan, hal ini mengikuti perkembangan zaman dimana dalam proses pembelajaran bermain sembari belajar harus mampu menstimulasi enam aspek perkembangan anak yaitu; Kognitif, Emosi-Sosial, Moral-Spiritual, Motorik, Bahasa, serta seni. 

Selain enam aspek tersebut melalui desain pembelajaran inovatif juga harus menampilkan materi mampu memberikan stimulasi kecerdasan tingkat tinggi (HOTS) pada anak. 

Pada pemaparannya Dr. Silvie Mil, M.Pd menyampaikan bahawa proses pembelajaran pada PAUD perlu menampilkan rangkaian pembelajaran saintifik yaitu pada aktivitas mengamati, menanya, menghimpun data, menalar hingga pada mengkomunikasikan. 

Pada materi workshop pembelajaran inovatif yang disampaikan Oktarina Dwi Handayani, M.Pd yang memaparkan mengenai konten pembelajaran Sains, Teknologi, Engginering, Art dan Matematika (STEAM) pada lembaga PAUD. Wujud dari inovasi dalam pembelajaran salah satunya adalah dituangkannya materi STEAM kedalam kegiatan bermain anak. 



Acara tersebut dibuka oleh ibu pengawas TK Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur Sri Hartini, M.Pd menyambut baik dan sukscita acara workshop tersebut karena memberikan pencerahan bagi pendidik PAUD dalam hal pembelajaran Inovatif. Pada kesempatan tersebut turut hadir dalam ruang virtual, 

Ketua Program Studi (Kaprodi) PG PAUD UHAMKA, Amelia Vinayastri, S.Psi, M.Pd yang menyambut baik kerjasama antara Prodi PG PAUD UHAMKA dengan lembaga PAUD di wilayah kecamatan Cipayung dan besar harapan acara dapat terjalin pada program dan kesempatan yang lain.
Inovasi pembelajaran merupakan bentuk dari pengembangan pelaksanaan pembelajaran yang berdampak pada perkembangan peserta didik.

Kegiatan ini diikuti oleh 65 Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang diperuntukkan bagi anak usia 0-6 tahun. Dalam proses pembelajarannya menggunakan pendekatan bermain sembari belajar. Proses kegiatannya di setting agar menghadirkan lingkungan bermain yang aman, edukatif, menyenangkan bagi anak.

Tidak ada komentar