Page Nav

HIDE

Update

latest

Pelatihan Mengenal Batik di SMUN 28 Jakarta

Pelatihan Mengenal Batik di SMA 28 Jakarta Generasi muda adalah penerus bangsa. Sudah seharusnya generasi muda memiliki pengetahuan dan kesa...

Pelatihan Mengenal Batik di SMA 28 Jakarta


Generasi muda adalah penerus bangsa. Sudah seharusnya generasi muda memiliki pengetahuan dan kesadaran mendalam tentang budaya bangsanya. Sayangnya, saat ini pengetahuan dan kesadaran tersebut semakin menipis karena masuknya budaya asing yang menarik perhatian generasi muda. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan kebudayaan adalah dengan memberikan pengetahuan dan kesadaran dengan cara yang menarik dan kekinian.

Untuk melestarikan kebudayaan asli Indonesia, Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP Uhamka mengadakan Pelatihan Mengenal Batik Sebagai Warisan Budaya Indonesia untuk siswa-siswi SMUN 28 Jakarta. Pelatihan diselenggarakan melalui sarana zoom dengan materi yang menarik dan diadakan pula lomba desain poster digital tentang batik.

Materi yang disampaikan kepada para siswa adalah materi untuk pengenalan batik sehingga siswa memiliki pengetahuan yang cukup tentang batik. Materi pertama berjudul Batik Sebagai Warisan Budaya disampaikan oleh Dekan FISIP Uhamka, Dra. Telys Corliana, M. Hum. Materi kedua berjudul Mengenal Aneka Motif Batik disampaikan oleh Dr. Sri Mustika. Kedua materi disambut antusias oleh perserta. Adapun siswa yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 30 siswa dari berbagai tingkat. 

Setelah mendapatkan materi, peserta pelatihan mengikuti lomba desain poster digital tentang batik. Lomba desain poster yang diadakan untuk melengkapi kegiatan dimaksudkan sebagai sarana pemantik kecintaan terhadap batik dengan cara kekinian dan mengikuti perkembangan zaman, sehingga menarik perhatian para siswa dan diharapkan dengan mengikuti lomba, para siswa akan berusaha mencari informasi lebih jauh tentang batik, sehingga pengetahuan tentang batik juga meningkat.

Drs. Umaryadi, MM selaku kepala sekolah SMUN 28 Jakarta menyatakan bahwa kegiatan pengenalan batik sangat bermanfaat untuk siswa. “Sudah selayaknya generasi muda lebih mengenal dan mencintai budayanya sendiri dibandingkan budaya asing yang berasal dari luar. Kalau generasi muda memahami dan memahami budayanya sendiri, maka nantinya akan mencintai budaya asli Indonesia,” kata Umaryadi. 



Tidak ada komentar