Page Nav

HIDE

Update

latest

FIKES UHAMKA melakukan Penyuluhan "PATUH" Untuk pengendalian Hipertensi

Penyuluhan Patuh Setiap perguruan tinggi mempunyai kewajiban melakukan tri dharma perguruan tinggi. Salah satunya adalah pengabdian di tenga...


Penyuluhan Patuh

Setiap perguruan tinggi mempunyai kewajiban melakukan tri dharma perguruan tinggi. Salah satunya adalah pengabdian di tengah masyarakat. Karenanya, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA melakukan penyuluhan pada penderita hipertensi di Kelurahan Perigi Baru pada tanggal  27 – 28 Mei 2023. 

Penyuluhan tersebut berisi tentang pengendalian hipertensi dengan menggunakan program “PATUH” yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Program  PATUH tersebut terdiri dari 5 topik; yaitu : Periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter, Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur, Tetap diet dengan gizi seimbang, Upayakan aktivitas fisik dengan aman, serta Hindari asap rokok, alkohol, dan zat karsinogenik lainnya. 

Materi penyuluhan disampaikan oleh  bebrapa Narasumber yaitu Izza Suraya; M.Epid, Imas Arumsari, M.Si; dan Rismawati Pangestika, MPH dengan bentuk talkshow interaktif, Untuk memudahkan peserta menangkap materi tersebut, peserta diberikan  booklet.

Dengan penyuluhan pengendalian hipertensi dalan bentuk talkshow tersebut di atas, diharapkan masyarakat kelurahan Perigi Baru mampu menerapkan program PATUH dalam kehidupan sehari-harinya.



Tidak ada komentar