Page Nav

HIDE

Update

latest

Imunitas, Senjata Utama Melawan nCov-19

Novel Corona Virus (nCov-19) sudah menginfeksi ribuan pasien di Indonesia. Kebijakan Work From Home (WFH) telah dilakukan oleh berbagai ...


Novel Corona Virus (nCov-19) sudah menginfeksi ribuan pasien di Indonesia. Kebijakan Work From Home (WFH) telah dilakukan oleh berbagai instansi di berbagai daerah di Indonesia sebagai upaya yang mendukung social distancing untuk menurunkan jumlah pasien COVID. Selama ini, tenaga kesehatan dianggap berada pada garis depan dalam perang melawan virus ini. Namun, sesungguhnya kita semua berada di garis terdepan untuk memutus rantai penyebaran nCov-19. Dengan sistem imun yang kuat, tubuh kita secara alami dapat mengalahkan nCov-19. Selama masa WFH, beberapa cara dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas kita.
Perbanyak ibadah. Tidak ada suatu apapun, termasuk sel-sel imunitas kita, bekerja di luar kehendak Allah swt. Allah swt mengatur segala hal dalam raga kita. Ibadah adalah salah satu sebab turunnya pertolongan Allah swt. Maka dengan memperbanyak ibadah kepada Allah swt, kita mohon sel-sel dalam tubuh kita bekerja dengan baik.

Jaga kualitas makanan yang kita konsumsi. Protein, vitamin, dan mineral, yang bisa kita dapatkan dari lauk, sayur dan buah, terbukti meningkatkan kerja sistem imunitas kita. Konsumsi makanan seimbang, yang terdiri dari makanan pokok, lauk hewani, nabati, sayur, dan buah, membantu tubuh kita memperbaiki sistem imun. Hindari pangan tinggi garam dan bahan pengawet.

Sempatkan aktivitas fisik. Aktivitas fisik yang cukup, 30 menit per hari, dapat menjaga tubuh kita tetap bugar. Sistem imun bisa bekerja lebih baik. Banyak aktivitas fisik yang dapat dilakukan di rumah, seperti lari di tempat, sit up, atau plank. Jika ingin melakukan Yoga atau Zumba, berbagai platform video online menyediakan banyak sekali referensi.

Berjemur. Luangkan waktu 15-30 menit setiap hari untuk berjemur di bawah sinar matahari. Semakin terik cahaya matahari, semakin sedikit waktu yang diperlukan. Penelitian menemukan bahwa beberapa sel imun kita bekerja lebih baik jika tubuh kita secara rutin terpapar sinar matahari.

Kendalikan stress. Stress berdampak pada penurunan kerja system imun. Batasi diri dari mengakses terlalu banyak informasi negative yang justru membuat pikiran kita lebih buruk. Mulai lakukan afirmasi positif. Yakinkan diri bahwa pandemi ini akan segera berlalu.

Cukup tidur. Rata-rata kebutuhan tidur orang dewasa waktu 7-9 jam, semakin menurun seiring pertambahan usia. Tidur yang cukup memperbaiki produksi hormon yang mendukung kerja sistem imun.

Jaga kebersihan. Cuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir, selama 20 detik, efektif untuk menurunkan risiko infeksi virus. Jika terpaksa harus keluar rumah, jangan lupa tetap menjaga jarak dengan orang lain paling tidak 1 meter.

Jika masyarakat memiliki imunitas yang kuat, maka perang melawan nCov-19 tidak perlu sampai di depan garis pertahanan tenaga kesehatan. 

Penulis: Debby Endayani Safitri, S.Gz., MKM, Kaprodi Ilmu Gizi UHAMKA.