Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pelatihan Penulisan Slogan Covid - 19 bagi Remaja

Kegiatan Pendampingan pengabdian Masyarakat dalam masa Covid-19 tahun 2020 sebagai salah satu wujud kepedulian LPPM UHAMKA kepada Masyara...


Kegiatan Pendampingan pengabdian Masyarakat dalam masa Covid-19 tahun 2020 sebagai salah satu wujud kepedulian LPPM UHAMKA kepada Masyarakat tetap dilaksanakan. Tim Pengmas FKIP UHAMKA dari Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia juga turut mengambil bagian dalam kegiatan ini.

Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat yang dilaksnakan pada tanggal 9 Mei 2020 ini terasa istimewa di tengah merebaknya virus corona  yang membuat semua ruang kegiatan menjadi terbatas, namun hal ini tidak mengurangi semangat para dosen untuk mengaplikasikan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi untuk terus berbagi ilmu dan berbagi sembako dengan masyarakat yang terdampak covid 19.

Pengabdian Masyarakat kali ini mengambil tema   Pendampingan Program Kemitraan Masyarakat FKIP UHAMKA melalui Pelatihan Menulis Slogan Covid 19 bagi Remaja Desa Kasemen dan Bantuan Sembako bagi para Sopir Angkot Ciputat  yang terdampak Covid 19. Kondisi Lockdown yang diterapkan pemerintah membuat kami, tim Pengmas Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UHAMKA tidak bisa melakukan kegiatan ini bersama-sama secara fisik, tetapi dengan bantuan teknologi komunikasi zoom meeting.

Kegiatan Pendampingan ini dilakukan dengan tujuan untuk menanamkan pemahaman dalam diri remaja remaja Desa Kasemen akan pentingnya melakukan pencegahan penularan virus corona degan mematuhi protokol pencegehan  pandemi dan memutus mata rantai penyebarannya covid 19 dengan melakukan stay at home, work at home, dan sosial distancing.

Begitu seriusnya penanganan upaya pencegahan merebaknya virus corona ini dilakukan, pemerintah telah melakukan pelarangan penyelenggaraan kegiatan yang mengundang banyak orang untuk berkumpul, dengan cara meliburkan sekolah-sekolah, meliburkan kantor-kantor, membatasi jumlah penumpang transportasi umum, seperti angkot, bus, kereta api, bahkan  pesawat terbang.

Jumlah penderita covid 19 yang terus bertambah, akibat sulitnya mengedukasi masyarakat untuk “di rumah aja“ , kalaupun terpaksa ke luar, harus mengikuti protocol “ke luar dan masuk ke rumah lagi” , dengan cara menggunakan masker, menghindari kerumunan lebi dari 5 orang, menjaga jarak, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, dan sering-sering mencuci tangan.

Salah satu upaya yang dapat kami lakukan untuk mendukung usaha pemerintah mencegah penularan covid 19 adalah dengan cara menanamkan pentingnya pencegahan covid 19 dengan mengajak para remaja untuk mengasah keterampilan aktif, kreatif dan produktif menulis slogan covid 19.         



Ahamdulillah, kegiatan  Pendampingan Program Kemitraan Masyarakat FKIP UHAMKA melalui Pelatihan Menulis Slogan Covid 19 bagi Remaja Desa Kasemen dan Bantuan Sembako bagi para Sopir Angkot Ciputat  yang terdampak Covid 19, disambut baik oleh masyarakat. Hal ini terbukti dengan antusiasme para remaja dalam menulis slogan Covid-19 dan mampu menumbuhkan semangat untuk berkreativitas dan berproduktivitas sehingga mampu menimbulkan kesadaran para remaja, dan ucapan Alhamdulillah dari   para penerima sembako sebagai sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah karena mendapatkan rezeki yang tiada disangka-sangka dari Allah.

Penulis : Dra. Nur Amalia, M.Pd. Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UHAMKA

Tim PKM FKIP UHAMKA 2020
Dra. Nur Amalia, M.Pd., DR Nawawi M.Si., Nur Aini Puspitasari, M.Pd.