Page Nav

HIDE

Update

latest

Tim PKM SPs. UHAMKA Mengadakan Pelatihan Aplikasi Pembelajaran secara

Masa pandemi covid 19 yang sampai saat ini masih berlangsung mengakibatkan beberapa    sektor di Indonesia mengalami gangguan. Tak terkecu...




Masa pandemi covid 19 yang sampai saat ini masih berlangsung mengakibatkan beberapa  sektor di Indonesia mengalami gangguan. Tak terkecuali pada sektor pendidikan. Pembelajaran pada tingkat kanak-kanak sampai dengan tingkat mahasiswa beralih menjadi pembelajaran online dan seluruh pelajar wajib belajar dari rumah. Keadaan ini tentunya membuat sebuah perubahan besar bagi paradigma guru dalam mengajar.

Guru harus beradaptasi untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Proses pengintegrasian ini tentunya tidak selalu berjalan mulus. Beberapa sekolah mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran online ini dengan beragam macam penyebab baik dari fasilitas yang dimiliki murid, wawasan teknologi dari murid dan guru, serta waktu yang diperlukan untuk mempelajari beberapa aplikasi pendukung pembelajaran.

            Melihat itu semua, tim PkM SPs. UHAMKA yang diketuai oleh Dr. Wini Tarmini, M. Hum. serta beranggotakan Dr. Imam Safi'i dan dua orang mahasiswa, yaitu  Fauzi Afriansyah dan Raudhatul Jannah mengadakan  pelatihan penggunaan aplikasi Google Classroom dan aplikasi Google Slide di  SDN Lubang Buaya 13 Jakarta Timur yang diselenggarakan secara online. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 19 Desember 2020 yang dihadiri oleh Kepala Sekolah beserta Bapak Ibu guru di sekolah tersebut. Kegiatan di awali dengan sambutan dari Ibu Hj. Siti Marfuatun, S.Pd., MM. kemudian dilanjutkan dengan pemaparan penggunaan aplikasi Google Classroom dan aplikasi Google Slide. Pada pemaparan ini guru tidak hanya menjadi pendengar namun ikut mempraktikkan hal-hal yang dijelaskan dalam pemaparan kedua aplikasi tersebut.

Mengawali kegiatan tersebut, Dr. Wini Tarmini selaku ketua tim mengutarakan bahwa kegiatan pelatihan ini adalah sebagai salah satu wujud  konkret UHAMKA untuk turut serta  bertanggung jawab dalam meningkatkan kualitas  pendidikan, khususnya di DKI Jakarta. Senada dengan apa yang diutarakan oleh oleh Safi'i, bahwa untuk meningkatkan kualitas pendidikan, Guru adalah sebagai salah satu motor utamanya. Oleh karena itu, kompetensi guru harus senantiasa ditingkatkan. Di antaranya adalah melalui kegiatan pelatihan menyelenggarakan pembelajaran secara online, yaitu melalui pemanfaatan Google Classroom dan aplikasi Google Slide".  

Selanjutnya, pada sesi pelatihan, para guru langsung dipandu oleh Fauzi dan Raudhatul Jannah. Keduanya adalah sebagai mahasiswa di SPs. UHAMKA Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia sekaligus praktisi pendidikan yang sudah berpengalaman dalam mengimplementasikan pembelajaran seara virtual dengan  menggunakan media Google Classroom, Google Slide, dan berberapa media online lainnya.  Secara bertahap, Fauzi dan Raudhatul memberikan penjelasan dan pendampingan secara online kepada para guru dalam mendesain kegiatan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Google Classroom, Google Slide.

Pelatihan ini berjalan dengan sangat baik, Bapak dan Ibu guru sangat antusias dalam proses pelatihan ini, meskipun kegiatan ini harus berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. Pelatihan ini tentunya menjadi sebuah langkah baik bagi TIM PKM UHAMKA dan SDN Lubang Buaya 13 Jakarta Timur dalam rangka ikut berpartisipasi  dan berjuang dalam penyelenggaraan pembelajaran bermakna dengan mengintegrasikan teknologi pada pembelajaran di sekolah. Hj. Siti Marfuatun pada akhir kegiatan berujar, "Kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan kompetensi para guru. Guru-Guru yang selama ini gaptek, menjadi lebih paham dalam memanfaatkan teknologi. Kami sangat terbantu, terlebih lagi dalam melangsungkan pembelajaran di masa pandemi covid-19 ini"

Tidak lupa, beliau juga menyampaikan banyak terima kasih atas peran nyata UHAMKA dalam ikut serta meningkatkan kompetensi profesional para guru SDN Lubang Buaya 13 Jakarta Timur. Beliau juga mengharapkan agar kegiatan silaturahim dengan UHAMKA melalui berbagai kegiatan pelatihan dapat terus berlanjut. Dengan demikian upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya di SDN Lubang Buaya 13 Jakarta Timur dapat lekas terwujud. 


Tidak ada komentar