Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Indonesia Terkini

latest

Iklan

Pendampingan Belajar, Literasi dan Numerasi di MTS Nurussaadah Jakarta Selatan

Kegiatan KKN Tematik Mahasiswa Pendidikan Matematika UHAMKA Koranmu Indonesia - Situasi Coronavirus Disease (COVID-19) membawa dampak jangka...

Kegiatan KKN Tematik Mahasiswa Pendidikan Matematika UHAMKA
Koranmu Indonesia - Situasi Coronavirus Disease (COVID-19) membawa dampak jangka panjang yang sangat berpengaruh terhadap beberapa sektor salah satunya pendidikan. Hal ini mengakibatkan kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Namun, adanya COVID-19 tidak menyurutkan semangat mahasiswa Prodi Matematika Universitas Muhammadiya Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) untuk mengadakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT). Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk mempermudah siswa dalam melakukan pembelajaran di saat pandemi COVID-19.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 15 hari yang diselenggarakan pada hari Rabu, 17 februari 2021 sampai dengan hari Rabu, 3 Maret 2021 yang beralamatkan di Jalan Haji Saidi RT 007/ Rw 05 Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dwi Apriliana, Niken Meiningrum, Robiatul Adewiyeh, Siti Farida Sarlina, dan Tia Humaira sebagai anggota kelompok 12 yang dibimbing oleh ibu Hikmatul Khusna, M.Pd. 

Kegiatan  program KKNT yang telah dilaksanakan yaitu  program penyuluhan tentang adaptasi kegiatan baru pada pandemi COVID-19, pendampingan belajar, literasi dan numerasi, pendampingan ibadah, pendampingan kreativitas anak, dan kolaborasi kegiatan karang taruna.

Pada penyuluhan tentang adaptasi kegiatan baru pada pandemi COVID-19, kegiatan yang dilakukan yaitu menyemprotkan disinfektan ke perumahan masyarakat sekitar dan membagikan Vit A untuk balita. Selanjutnya, mahasiswa juga melakukan kegiatan pendampingan belajar yang dilakukan di MTS Nurussaadah untuk membantu siswa kelas IX dalam memahami materi tentang tabung, juga melakukan kegiatan senam bersama anak - anak di lingkungan RT 007 RW 05. 

"Kami juga melakukan kegiatan literasi dan numerasi dilakukan pada hari sabtu, kegiatan yang dilakukan berupa pengajaran jarimatika pada siswa SD" ungkap Dwi Apriliana, mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UHAMKA.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan yaitu pendampingan ibadah seperti membaca Al-Quran, membaca doa harian, memahami rukun islam dan rukun iman. Kegiatan membaca Al-Quran dilakukan setiap hari senin sampai jumat. Kemudian ada pendampingan kreativitas anak yang dilakukan di hari minggu, kami mendapingi anak untuk membuat kolase dan membuat gantungan kunci berbentuk bintang. Adapun kolaborasi kegiatan karang taruna yang kami lakukan saat KKN Tematik adalah penggalangan dana untuk korban banjir.

"Kegiatan yang kami lakukan tidak lupa untuk mematuhi protokol kesehatan seperti, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak" jelas Niken Meiningrum, salah seorang anggota KKN.

“Dengan dilaksanakan KKN Tematik ini saya jadi lebih semangat untuk belajar berhitung, karena dengan menggunakan jarimatika jadi lebih mudah” ujar Saffa salah satu peserta KKN Tematik. 

Nasrulloh selaku ketua setempat menuturkan “Kegiatan KKN ini sangat membantu untuk anak – anak lingkungan sekitar dalam belajar di masa COVID-19.” Tuturnya.


Iklan Halaman Depan