Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Indonesia Terkini

latest

Iklan

Pembelajaran dirumah yang menyenangkan dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA saat Masa Pandemi

Penyuluhan  Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA atau biasa dikenal dengan UHAMKA Pasar Rebo...


Penyuluhan 

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA atau biasa dikenal dengan UHAMKA Pasar Rebo, Jakarta Timur. Hampir semua mahasiswa tersebut maupun Program Studi lainnya di FKIP UHAMKA mengikuti kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) yang merupakan mata kuliah pendidikan berupa praktik mengajar di sekolah yang dilaksanakan saat semester 8, karena program ini merupakan salah satu syarat kelulusan di FKIP UHAMKA. Pada saat pandemi ini, FKIP UHAMKA mengadakan PLP yang dilaksanakan dengan 2 cara yaitu, praktik mengajar di sekolah secara daring dan rumah belajar mandiri (RBM).

 

Salah satu mahasiswa semester 8 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA yaitu Muhammad Bima Fauzi Aria Wibowo melaksanakan PLP memilih kegiatan rumah belajar mandiri (RBM) yang diadakan di sekitar tempat tinggalnya di Jalan Gebras No. 64, Rt 12, Rw. 05, Susukan, Ciracas, Jakarta Timur, DKI Jakarta, yang secara tidak langsung rumahnya berdekatan dengan kampusnya ia belajar. Rumah belajar mandiri ini dimulai dari 8 Februari 2021 sampai 31 maret 2021. Untuk mahasiswa yang mengambil pembelajaran di rumah ini diberikan kebebasan untuk menentukan waktu pelaksanaannya dengan minimal 8 kali pertemuan. Untuk kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa ini ia melakukan pembelajaran intensif pada hari sabtu jam 9 – selesai dan dilaksanakan setiap mingunya. Kegiatan ini tentunya dibimbing oleh Ketua Bidang Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA yaitu Rita Agustina Karnawati dan dosen pembimbingnya yaitu Retno Utari.

 

Dengan adanya rumah belajar ini dapat mengurangi kegiatan bermain anak saat memegang Smart Phone atau PC dirumahnya maupun di tempat internet lainnya, seperti warnet. Di zaman milenial ini anak-anak banyak menghabiskan waktu hanya dengan bermain game online, dengan adanya kegiatan ini anak belajar hal baru yang bermanfaat dan menyenangkan dengan belajar bahasa Jepang. Meskipun kegiatan dilakukan secara langsung, namun tetap menerapkan protokol kesehatan 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi dan interaksi.

 

Jumlah siswa yang mengikuti kegiatan ini disyaratkan hanya 3-5 orang, untuk mahasiswa ini ia  mengajari sesuai dengan syarat yang ditentukan yaitu 3-5 orang karena ada pada beberapa pertemuan anak yang tidak masuk. Alasan UHAMKA membatasi siswa yang diajar bertatap muka dirumah ini untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Siswa juga diberikan masker dan disiapkan beberapa handsanitizer, selain itu mereka juga tetap menjaga jarak selama proses pembelajaran. Materi yang diberikan merupakan pembelajaran bahasa Jepang. Durasi pada setiap pertemuan setiap minggunya sebanyak 90 menit. Hal ini merupakan hal yang baru bagi para siswa, karena para siswa belum pernah belajar bahasa Jepang dari sekolahnya, sehingga materi yang diberikan merupakan materi yang sama walaupun mereka berbeda tingkatan kelas dan beda jenjang SMP dengan SMA.

 

"Di sekolah saya tidak ada pembelajaran untuk bahasa asing, tahu bahasa jepang dari video youtube Jerome Nihongo Mantappu, jadi pembelajaran ini sangat menyenangkan dan ditunggu-tungu" ungkap Dewi Nur Saputri sebagai siswa rumah belajar mandiri ini.

 

"Saat saya menonton video si Jerome polin, bisa belajar bahasa jepang begini jadi sedikit-sedikit bisa memahami apa yang dikatakan video. Pembelajaran ini menyenangkan dan siswa di minta aktif juga untuk menjawab kalimat-kalimat dalam bahasa jepang." ungkap Syaqila Nadya Salsabila yang juga merupakan salah satu siswa rumah belajar mandiri ini.

 

Dari pihak kampus, Desvian Bandarsyah selaku Dekan FKIP UHAMKA menyatakan bahwa, "Walaupun saat ini masih dilanda pandemi covid-19, akan tetapi proses kegiatan PLP tetap dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan dan sesuai dengan situasi, kondisi saat ini," ujarnya.



Penulis : Muhammad Bima Fauzi Aria Wibowo
Email : mbimafaw@gmail.com         
No. HP : 0878 3216 4575

Sumber : Dokumentasi pribadi dan wawancara pribadi

Gambar : Kamera HP pribadi


Iklan Halaman Depan