Iklan

Redaksi KoranMu
30 Agustus, 2021, 06.14 WIB
Last Updated 2021-08-29T23:15:45Z
Pendidikan

Mahasiswa PAUD UHAMKA Dampingi Siswa TPQ dalam Membaca Kitab Amtsilatut Tasrifiyah

KKN Tematik Mahasiswa PAUD UHAMKA
Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Mengikuti kegiatan KKN Tematik  selama 30 hari yang terhitung mulai Selasa, 06 Juli sampai tanggal 15 Agustus 2021 yang lalu.  

Salah satu Mahasiswa yang  terjun langsung adalah Mozza Nabilla Rahmadia yang dibimbing oleh Dr. Hj. Chandrawaty, M.Pd Dosen Pembimbing Lapangan. Program kegiatan KKN Tematik yang diusung oleh mahasiswa ini adalah Program Pendampingan Ibadah Sesuai Dengan Pengetahuan Dan Pemahaman Al islam Dan Kemuhammadiyahan(AIK) yang dilakukan pada Tempat Pendidikan Al-Qur’an ( TPQ ) Salafiyah Syafi’iyah Yang Berada di Jalan Telaga Murni E3 Sunter Jaya RT.23 RW.01 NO.54B Dengan Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan. 

Menurut Mozza,Kegiatan Ini berupa program pendampingan ibadah sesuai AIK yang dilakukan 2 kali sehari, yaitu di siang hari dan di malam hari di Tempat Pendidikan Al-Quran Salafiyah Syafi'iyah tersenut.  Mozza ikut mendampingi Murattal untuk anak yang sudah nemasuki bacaan al-quran setelah selesai program IQRA, lalu juga Ia mendampingi anak-anak untuk setidan hafalan kitab Aqidatul 'Awam dan Kitab Amtsilatut Tasrifiyah (Tasrifan)".

Mozza juga ikut melakukan Pendampingan  Baca Tulis IQRA Untuk Anak 4 Sekolah Dasar agar bisa Membaca IQRA Dengan Baik Dan Benar, Dan  Membantu Mengajari Menulis Huruf Hijaiyah Pada IQRA .  

Mafthuhin Kepala Sekolah TPQ Salafiyah Syafi’iyah mengungkapkan bahwa "Program KKN yang ada di TPQ Salafiyah Syafi'iyah adalah program yang bagus dan bermanfaat baik dari segi psikologi untuk meningkatkan kualitas santri,  santri-santri merasa senang dengan adanya orang yang baru dan membawa nuansa yang berbeda, serta dengan adanya monitoring dari KKN santri-santri juga semakin terpacu untuk membaca dan menghafal dengan serius" Ungkapnya