Iklan

Redaksi KoranMu
28 Agustus, 2021, 15.20 WIB
Last Updated 2021-08-28T08:20:08Z
Pendidikan

Pelatihan Pengukuran Kinerja Manajerial di Sekolah Ruhama

Pelatihan Pengukuran Kinerja sekolah
Dosen Program Studi Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA  menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dalam bentuk pelatihan pengukuran kinerja manajerial organisasi kepada unsur pimpinan dan para guru di Lembaga Pendidikan Sekolah Islam Ruhama, Tangerang Selatan, Banten. secara daring melalui video conference Zoom.    pada awal Agustus yang lalu.

 Dr. Sunarta, M.M. pemrakarsa Kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dalam rangka meningkatkan kapasitas pimpinan dan para guru sehingga kinerja manajerial pada institusi pendidikan tersebut. 

 "Ada empat aspek utama yang ditekankan, Dr. Sunarta, yaitu aspek keuangan, aspek bisnis internal, aspek layanan kepada pelanggan, aspek SDM, dan aspek perkembangan dan pembelajaran, yang perlu diukur secara tepat pencapaiannya oleh manajemen sebuah organisasi." Ungkapnya

Sementara itu Dr. Ahmad Diponegoro, ketua Prodi Manajemen Pascasarjana UHAMKA, yang juga sebagai narasumber pada kegiatan ini, menekankan pada pentingnya untuk mengetahui aspek kinerja manajerialnya terutama untuk mengukur sejauh mana pencapaian visi dan misi organisasi yang telah ditetapkan oleh Institusi pendidikan. 

 Adapun narasumber bidang pengukuran kinerja keuangan, Rosdiana Rawung, mengemukakan bahwa "sebuah organisasi perlu menetapkan apa saja yang menjadi faktor-faktor kunci dalam mencapai kesuksesan sesuai visi dan misi organisasi dalam merumuskan indikator-indikator kinerja apa saja yang diperlukan.  

Dalam pelatihan ini diikuti oleh 25 peserta, yang terdiri atas unsur pimpinan dan para guru di lembaga pendidikan Sekolah Islam Ruhama, telah dilakukan asesmen terhadap para peserta dari aspek pengetahuannya akan indikator-indikator kinerja manajerial yang utama dari sebuah lembaga, baik sebelum maupun setelah dilakukannya pelatihan. 

 Pimpinan Sekolah Islam Ruhama, menyampaikan apresisasi atas kegiatan yang telah dilakukan ini dan berharap kedepannya dapat dilaksanakan kelanjutan pelatihan berupa pendalaman pada aplikasi dari setiap aspek manajerial yang diukur kinerjanya.