Iklan

Redaksi KoranMu
08 September, 2021, 13.33 WIB
Last Updated 2021-09-08T07:34:20Z
HeadlinePendidikan

Dosen FKIP UHAMKA Kembangkan karakter Kepemimpinan santri di Panti Asuhan Al- Khairiyah

Pelatihan membangun Jiwa Pemimpin

Tim Pengabdian Masyarakat Dosen
Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UHAMKA melaksanakan Pelatihan Membangun Jiwa Kepemimpinan  Berkarakter bagi Para Santri Panti Asuhan Al-Khairiyah Jakarta Utara,  pada Selasa (07/09) Secara Daring.  

Sebelum pelatihan dilaksanakan, tim yang terdiri dari Dr. Onny Fitriana Sitorus, M.Pd., selaku ketua didampingi oleh Dr. Sri Astuti, M.Pd., dan Novelia Utami, MM. melakukan serangkaian komunikasi dan koordinasi dengan Saifullah Ramadhan, Kepala Asrama panti Asuhan tersebut untuk menyatukan langkah konkrit terkait pemetaan kebutuhan pihak panti. 

Pelatihan dibuka dengan menyaksikan tayangan video yang memperlihatkan sebuah kotak yang berisi cermin, diceritakan di tayangan tersebut sang guru meminta para siswanya untuk menemukenali siapakah pemimpin .  Setelah menyaksikan tayangan video, para santri diminta merespon Pesan moral dari vidio tersebut.

 Dr. Sri Astuti, M.Pd., Memberikan motivasi kepada santri dengan mengunncinya dalam pernyataan "sukses itu milik kita, dan untuk sukses kita harus mau dan mampu merubah diri kita sendiri." Ungkapnya 

Sementara itu Dr. Onny Fitriana Sitorus, M.Pd., menambahkan  materi dengan menginternalisasi nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.   Lebih lanjut Ia juga menjelaskan tentang Kepemimpinan  Rasulullah SAW, sebagai Role Model  dengan cara kita berqudwah pada beliau, mengikuti sunnahnya, sifat dan karakternya seperti Shidiq, Tablig, Amanah, Fathonah (STAF).Ungkapnya 

 Selain menjelaskan Profil Pemuda Ashabul kahfi, dalam pelatihan tersebut juga dipaparkan  tentang Profil Pemuda Pancasila, yang beriman, bertakwa kepada Allah SWT, dan berakhlak mulia;kemudia Berkebhinekaan Global serta Bergotong royong; para pemuda juga dituntut untuk Kreatif,Bernalar kritis, dan Mandiri. Sambungnya 

Untuk Membangun Jiwa Kepemimpinan Berkarakter bagi masa depan lebih baik, salah satu Santri yang bernama Maun diminta untuk bersama-sama membangun komitmen kebersamaan dengan menggelorakan pernyataan "Satu Pemuda Panti Asuhan Al-Khairiyah, bisa mengubah dunia, AllahuAkbar!!!" Kemudian diikuti oleh santri lainnya. 

Saifullah Ramadhan yang merupakan penanggung jawab Asrama santri di Panti Asuhan tersebut  mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi atas terlaksananya pelatihan ini dan berharap para santrinya dapat menjadi orang-orang yang memimpin dan terpimpin, ia juga membuka kesempatan untuk dapat ditindaklanjuti dan dibersamai dalam setiap aktivitas pengabdian masyarakat.