Iklan

KoranMu Indonesia
02 September, 2021, 08.00 WIB
Last Updated 2021-09-02T01:00:44Z
HeadlinePendidikan

FISIP Uhamka – Mariano Marcos State University Melaksanakan Kuliah Perdana Program Pertukaran Mahasiswa


Koranmu Indonesia - Program pertukaran ke luar negeri saat ini menjadi salah satu program yang diidamkan oleh pelajar dan mahasiswa. Selain untuk meningkatkan kemampuan yang diperlukan di dunia yang semakin global, membuka akses pertemanan, juga untuk meningkatkan rasa percaya diri di antara warga dunia.

Demikian juga dengan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka yang melakukan program pertukaran mahasiswa dengan Mariano Marcos State University, Filipina, untuk mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Perkuliahan pertama dilaksanakan pada Selasa 31 Agustus 2021 diikuti oleh 30 mahasiswa MMSU, dengan mata kuliah Introduction to Journalism dengan 3 dosen pengampu yaitu Dr. Sri Mustika, Titin Setiawati, M.IKom, dan Indriani, M.IKom.

Perkuliahan pertama ini membahas tentang sejarah jurnalisme di dunia dan Asia, serta membahas beberapa perbedaan budaya dan praktik jurnalistik yang ada di Indonesia dan Filipina.

Ashley Nicole Acpal, salah satu mahasiswa yang juga seorang penyiar radio menyatakan perasaan senangnya bisa mengikuti perkuliahan, “I can’t wait for this to be part of my everyday, because everyday means a new learning,” kata Ashley.

Sementara Eanna Mariz A. Valejo menyatakan bersyukur bisa mengikuti kelas pertukaran ini. “I am glad to be e member of the class. And I’m very much excited on how this subject will go trhough”.

Program pertukaran dilangsungkan selama 1 semester, sehingga selama 1 semester mahasiswa Uhamka sebanyak 33 orang menjadi mahasiswa MMSU Filipina, dan 32 orang mahasiswa MMSU menjadi mahasiswa Uhamka untuk matakuliah yang sama. Perkuloahan dilakukan dengan berbagai media pembelajaran dengan Online Learning Uhamka sebagai media pembelajaran  utama disebabkan kondisi yang masih dalam situasi pandemic Covid-19.