Iklan


Redaksi KoranMu
03 Januari, 2022, 16.21 WIB
Last Updated 2022-01-03T09:21:37Z
Headline

Dosen UHAMKA Lakukan Pendampingan Pengolahan Limbah Ampas Jahe dengan Teknik Destilasi




Koranmu Indonesia - Tim pengabdian dosen UHAMKA melakukan  pendampingan kepada mitra UMKM JM HAMKA untuk mengolah limbah ampas jahe hasil produksi minuman serbuk jahe instan yang diolah dengan cara destilasi untuk menghasilkan minyak atsiri yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi pada Senin (27/12) di Indramayu

Kegiatan ini di isi oleh dua orang dosen dan tiga orang mahasiswa. Narasumber pada kegiatan ini diantaranya Wati Sukmawati, M. Pd dan Dr. apt. Hadi Sunaryo, M.Si.

Menurut ketua pelaksana PKM Wati Sukmawati  bahwa "kegiatan ini dibuat dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dan membantu masyarakat dalam mengatasi limbah hasil produksi yang selama ini dibuang ke lingkungan tanpa melalui tahap pengolahan. Selain itu, dengan pengolahan limbah tersebut mitra berhasil mengubah bahan yang tidak bernilai menjadi produk yang memiliki nilai jual yang tinggi" ungkapnya.

"Kegiatan pengolahan limbah dengan teknik destilasi dipilih karena sifat dari minyak atsiri yang terkandung pada jahe yang mudah menguap, sehingga dengan teknik destilasi yang dilakukan sekitar 5-6 jam mampu menguapkan minyak atsiri yang masih terkandung dalam ampas dan dapat dipisahkan antara minyak atsiri dengan limbahnya. Minyak atsiri yang dihasilkan bisa digunakan untuk pengharum ruangan atau untuk kepentingan lainnya" sambungnya.

Lebih lanjut Wati Sukmawati yang juga merangkap sebagai Narasumber kegiatan pengabdian ini mengatakan bahwa "kegiatan ini sangat mendukung program pemerintah dalam mewujudkan green economy dan menambah pendapatan bagi mitra. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum dari mitra dan warga sekitar, sehingga diharapkan ilmu yang diperoleh dapat lebih bermanfaat dan dapat diaplikasikan di lingkungan sekitar" pungkasnya.