Page Nav

HIDE

Update

latest

Workshop Peningkatan Numerasi bagi Guru SD Se-Tanah Abang

workshop peningkatan numerasi guru SD se-Tanah Abang Koranmu Indonesia - Program Studi Pendidikan Matematika dan Lembaga Pengabdian Kepada M...

workshop peningkatan numerasi guru SD se-Tanah Abang


Koranmu Indonesia - Program Studi Pendidikan Matematika dan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA mengadakan kegiatan pelatihan dengan tema “Peningkatan Numerasi Guru SD se-Tanah Abang”. Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan merupakan kegiatan yang bekerjasama dengan Sekolah Dasar se-Tanah Abang dengan SDN Kebon Melati 01 yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 29 Desember 2022 secara luring.  Pada kegiatan pelatihan dibahas tentang bagaimana memahami dan menyelesaiakan permasalahan numerasi.

Kegiatan pelatihan ini menghadirkan Wahidin, M.Pd. sebagai pembicara utama, yang  menyampaikan tentang contoh-contoh permasalahan yang berkaitan dengan numerasi. Peserta kegiatan ini adalah guru-guru SDN se-Tanah Abang. Tim pelaksana kegiatan terdiri dari  Wahidin, M.Pd., Fitri Alyani, S.Pd.,M.Si., Achmad Abumubarok, M.Pd. dan Hella Jusra, M.Pd. 

Hella menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu bentuk tanggung jawab akademisi dalam implementasi keilmuan di perguruan tinggi kepada lingkungan masyarakat khususnya di sekolah. 

Sejak tahun 2021 Pemerintah membuat kebijakan baru terkait dengan asesmen. Ujian Nasional (UN) tidak lagi digunakan sebagai penentu kelulusan peserta didik, pemerintah memutuskan bahwa kelulusan peserta didik diselenggarakan di satuan Pendidikan tidak lagi terpusat di pemerintah.

 Pemerintah membuat kebijakan terkait dengan asesmen yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Tujuan dari AKM ini adalah sebagai bahan evaluasi dan pemantauan terhadap sistem Pendidikan dasar dan menengah. AKM sendiri dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2021. 

Salah satu alasan mengapa perlu diadakan kegiatan ini adalah berdasarkan hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) tahun 2021, dari 29 sekolah negeri dan swasta di kecamatan Tanah Abang yang tergolong baik hanya 2 sekolah sedangkan 27 sekolah lainnya masuk kategori cukup. Selain itu, guru masih mengalami kendala dalam mengajarkan numerasi kepada peserta didik.

Salah satu aspek yang dinilai dalam asesmen kompetensi minimum adalah kemampuan literasi dan numerasi.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk terus meningkatkan pemahaman guru dalam materi numerasi agar dapat mentransfer pemahaman numerasi dengan baik kepada peserta didik.  Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, diaharapkan menjadi salah satu alternatif proses pembelajaran matematika yang berdasarkan problem solving. 

Sementara itu, kepala SDN Kebon Melati 01 Jakarta, Sumarni, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru SD se-Tanah Abang dalam pembelajaran numerasi dan implementasinya kepada peserta didik. Sumarni juga menyatakan bahwa diharapkan dapat terjalin Kerjasama lebih lanjut baik dibidang akademik maupun non akademik antara UHAMKA dan SDN Kebon Melati 01 Jakarta.

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan mengenai konsep numerasi. Pembicara melakukan pretest awal sebagai penyegaran terkait materi numerasi. Hal ini bertujuan untuk menstimulasi kemampuan literasi dan numerasi dalam pembelajaran matematika. Selaku pembicara, Wahidin memberikan penjelasan terkait konsep dan penyelesaian soal-soal numerasi. 

Tidak ada komentar