Page Nav

HIDE

Update

latest

Meningkatkan Potensi Kreatifitas Pemuda Karang Taruna Melalui Pengmas Uhamka

Di era globalisasi industry 4.0 sekarang ini usaha meningkatkan kreatifitas para pemuda sangatlah penting, karena ide-ide cemerlang dari ...

Di era globalisasi industry 4.0 sekarang ini usaha meningkatkan kreatifitas para pemuda sangatlah penting, karena ide-ide cemerlang dari pola berfikir mereka sangatlah dibutuhkan demi kemajuan bangsa, namun demikian hal ini tidak bisa lepas dari control para pendidik baik orang tua, keluarga ataupun aparat terkait. 

Perkumpulan para pemuda di dalam wadah karang taruna merupakan salah satu contoh organisasi sosial masyarakat yang didominasi oleh para pemuda. Salah satu tujuan terbentuknya karang taruna adalah Terbentuknya jiwa dan semangat perjuangan generasi muda warga Karang Taruna yang trampil dan berkepribadian serta berpengetahuan.

Kegiatan pengabdian masyarakat program Uhamka kali ini tidak terlepas dari pemenuhan tujuan dari karang taruna yaitu meningkatkan potensi kreatifitas pemuda dibawah naungan karang taruna Merpati Putih yang berdomisili di jln Condet Raya, Kel. Batu Ampar, Kec. Kramat Jati Jakarta Timur yaitu dengan mengadakan penyuluhan dan pelatihan pembuatan lampu emergensi, Diharapkan akan dapat memicu jiwa kreatifitas pemuda karang taruna Merpati Putih ini untuk dapat menghasilkan hal inovatif yang bernilai jual tinggi.

Program pengabdian masyarakat ini di bawah naungan Lembaga Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UHAMKA, mempunyai beberapa point dalam misi gerakannya antara lain :
1. Membangun karya nyata serta mengwujudkan norma positif dimasyarakat dengan spirit kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.
2. Memberikan fasilitas untuk meningkatkan serta mengembangkan kerjasama dengan mitra internal ataupun mitra eksternal secara efisien dan efektif.

Pelaksanaan pengmas diawali dengan pengenalan materi yang bertemakan Pengembangan industry kreatif yang berhubungan dengan motivasi membangkitkan jiwa kreatif para pemuda untuk selalu berfikir kearah kemajuan, salah satu contoh industry kretif adalah perakitan lampu emergensi yang sangat sederhana dan mudah dibuat mempunyai daya jual yang tinggi.

Lebih lanjut para pemuda karang taruna diberi pelatihan bagaimana memasarkan produk yang lebih efektif dalam bersaing di dunia online. Pemilihan produk yang bernilai jual tinggi itu penting dengan melihat kebutuhan pasar disamping harus pintar dalam menyiapkan bajet keuangannya, sehingga produksi akan terus berjalan.

Alhamdulillah target pengmas kali ini walau terhambat karena covid 19, tetap berjalan sesuai dengan rencana dengan bantuan aplikasi google zoom meeting online dan sosial distancing serta pakai masker sehingga pengmas terlaksana dengan baik, mudah-mudahan karang taruna Merpati Putih akan terus berjaya dengan target kerja yang nyata.

Penulis  : Rosalina
Email : Rosalina@uhamka .ac.id
No Hp : 081284293672
Sumber : Pribadi
Gambar : Pribadi