Page Nav

HIDE

Update

latest

Tips Mengerjakan Tugas Agar Tidak Menumpuk saat Pandemi

Ngaku siapa di antara kalian yang pernah menanyakan hal ini ke teman ataupun dosen seperti kalimat yang di atas ini? Tenang aja, b...


Ngaku siapa di antara kalian yang pernah menanyakan hal ini ke teman ataupun dosen seperti kalimat yang di atas ini?

Tenang aja, bukan kalian aja kok . kita sebagai mahasiswa tentu saja tidak akan telepas dari yang namanya tugas harian dari dosen pengampu. Apalagi saat masa pandemi covid-19 seperti ini yang katanya tugasnya tuh lebih banyak, Bener ga sih?. Apalagi kalau kuliahnya mengambil jurusan Matematika yang melalui daring mau ga mau kita harus belajar lagi untuk memahami materi yang telah disampaikan.

Meski tugas dari dosen memiliki maksud dan tujuan baik di luar jadwal perkuliahan. Tidak jarang, malah tugas itu menjadi sebuah beban dan tekanan untuk kita. Belum lagi tugas satu aja belum kelar sudah ada tugas lagi yang baru( masih anget).

Nah, daripada kita terus mengeluh pada akhirnya malah membuat kita terbebani dan tertekan dengan segala tugas yang diberikan oleh dosen, berikut tips-tips yang akan membantu kalian agar tidak stress saat tugas kuliah menumpuk.

1.  Buatlah jadwal untuk menyelesaikan tugas-tugasmu
Semua tugas atau pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik apabila kita bisa mengerjakan mengatur jadwal untuk mengerjakan tugas tugas tersebut.
Semua bisa di mulai ketika kalian sudah merencanakan dari kapan kalian akan mengerjakan tugas kuliah kalian, missal kalian mengerjakan tugas saat ada waktu kosong, susunlah tugas berdasarkan rentang waktu yang telah ditentukan dan prioritaskan tugas yang paling cepat akan di kumpulkan.
Dengan kalian membuat jadwal untuk tugas kuliah, secara otomatis membuat aktivitas kalian akan lebih tertata sehingga kalian tidak merasa tertekan ataupun terbebani.

2.  Manejemen Waktu
Sebagai mahasiswa tentu saja kalian memiliki kegiatan lain selain perkuliahan. Seperti ikut berorganisasi, part time, bantu bersih bersih atau kegiatan-kegiatan lainnya.
Kegiatan-kegiatan itu memang penting tapi jangan jadikan alasan untuk menomorduakan tugas hanya karena kalian memiliki kegiatan lain. Kalian harus bisa mengatur kapan kalian harus mengerjakan tugas, berorganisasi, bersosialisai dengan teman atau kalian menggunakan waktu untuk kegiatan-kegiatan diluar aktivitas kuliah.

3.  Jangan Menunda Waktu Hindari Sistem Kebut Semalam
Kebiasaan ini sepertinya tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa aja. Bahkan saat kalian masih SMP atau SMA pasti pernah melakukan Sistem Kebut Semalam atau SKS.
Karena kalian mahasiswa ada baiknya kalian menghilangkan kebiasaan ini. Jika dibiarkan itu bisa membuat kalian jadi tertekan dan tugas kuliah yang kalian kerjakan hasilnya tidak maksimal. Jadi alangkah baiknya jika sudah diberi tugas oleh dosen segera kerjakan pahami lagi materinya jika tidak mengerti tanyakan pada teman yang lebih mengerti atau bertanya pada dosen yang bersangkutan sehingga tugas tersebut dapat dikerjakan semaksimal mungkin.
Walaupun sangat sulit untuk melakukan kebiasaan seperti ini, jangan menyerah lakukan selangkah demi selangkah jadikan hal tersebut sebagai bagian dari diri kalian.


Nama: Ade Aswar
Mahasiswa Pendidikan Matematika universitas prof.dr.hamka
Gambar: Google