Page Nav

HIDE

Update

latest

Pengmas Uhamka Meningkatkan Kreativitas Pemuda Melalui Pelatihan Perakitan PLTS

Kahuripan Bogor , Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) UHAMKA, yang bertemakan Dengan Pelatihan Perakitan PLTS akan melahirkan generasi muda...

Kahuripan Bogor, Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) UHAMKA, yang bertemakan Dengan Pelatihan Perakitan PLTS akan melahirkan generasi muda yang kreatif dalam mencari energy alternative terbarukan. Lokasi pelaksanaan di sekolah alam SMK YPGB (Yayasan Persiapan Generasi Baru) Kahuripan Bogor.

 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat pada kesempatan ini ditujukan kepada guru-guru dan siswa SMK Alam Kahuripan, sesuai dengan visi dan misi sekolah alam ini yaitu mempersiapkan generasi muda yang tangguh dalam Expert and Skill. Salah satu kegiatan yang mendukung visi dan misi ini adalah memberikan pelatihan perakitan PLTS.

 

Peserta yang hadir dalam kegiatan Peng Mas ini semuanya bersemangat mengikuti susunan acara yang diselenggarakan oleh Tim Pengmas UHAMKA, terbukti pada saat tanya jawab banyak pertanyaan yang dilontarkan menunjukkan keingin tahuan mereka terhadap sumber daya alam terbarukan yang kemungkinan bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energy listrik juga yang ada hubungannya dengan kemungkinan membuat inovasi lainnya dalam rangkaian listrik.

 

Dalam kegiatan ini para peserta dilatih untuk mengerjakan sendiri merakit PLTS, mulai dari mengenal komponen, menyolder serta merangkaikan beberapa unit menjadi satu sistem PLTS yang bisa mengisi baterai dan menyalakan lampu.

 

Pelaksanaan pelatihan merakit PLTS ini selama 2 kali pertemuan, pada pertemuan kedua para guru dan siswa ini sudah bisa merakit sendiri PLTS mini dan juga mampu berinovasi membuat rakitan lainnya seperti dengan panel surya bisa dibuat charger handphone. Dipertemuan kedua mereka merakit PLTS menjadi satu modul percobaan yang nanti akan dijadikan bekal untuk uji coba yang digunakan sebagai bahan pembelajaran adik kelas mereka.

 

Dengan adanya kegiatan PengMas ini diharapkan para guru dan siswa dikesempatan berikutnya dapat menerapkan di daerah masing-masing secara pribadi dan kelompok sebagai penerapan lapangan hasil PengMas yang berkelanjutan. Untuk penganggaran biaya produksi dapat secara kelompok memasukan proposal ke pemda setempat sebagai donatur agar kegiatan ini sebagai kegiatan industry kreatif anak bangsa untuk kesejahteraan bersama.

 

Lembaga Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat UHAMKA terus akan berupaya menaungi kegiatan PengMas guna membantu masyarakat sekitar dengan jalan menerapkan ilmu di kampus ke masyarakat sehingga masyarakat akan merasakan kehadiran LPPM UHAMKA mampu membantu menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

 

Salah satu kegiatan pengmas ini merupakan perwujudan nyata di masyarakat sehingga kegiatan ini bisa dilanjutkan untuk mencapai sasaran masyarakat di wilayah lainnya di sekitar UHAMKA.

 

Kontributor Berita  : Rosalina


Tidak ada komentar