Page Nav

HIDE

Update

latest

Dosen Universitas Negeri Jakarta Lakukan Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Daring Bagi Guru SMA

Pelatihan Evaluasi pembelajaran Daring Bagi Guru SMA Bina Dharma Jakarta Dosen Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta menyelengga...

Pelatihan Evaluasi pembelajaran Daring Bagi Guru SMA Bina Dharma Jakarta
Dosen Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan pelatihan evaluasi pembelajaran daring kepada guru di SMA Bina Dharma Jakarta dengan tema“Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Evaluasi Pembelajaran Daring”, pada Jumat, 10 September 2021 yang lalu melalui platform Zoom Meetings dan live streaming Youtube. 

Dr. Samsi Setiadi, M.Pd perwakilan tim pengabdi, menyampaikan bahwa 
Tema ini diusung sebagai upaya memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru-guru dalam menyelenggarakan pembelajaran daring dan evaluasi pembelajaran daring dengan memanfaatkan berbagai macam aplikasi yang menarik dan interaktif.  "acara webinar ini diadakan untuk berbagi pengalaman pembelajaran di tengah pandemi yang mewajibkan seluruh rangkaiannya dilakukan secara daring." Ia juga mengharapkan agar seluruh peserta bisa memperoleh yang terbaik dari kegiatan ini.  

Dr. Mohamad Sarip, M.A  Koordinator Program Studi PBA UNJ. menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi pada acara webinar pengabdian ini dan diharapkan semua peserta dapat memanfaatkan acara ini dengan baik. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara dosen, alumni dan mahasiswa PBA UNJ, kerjasama antara Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta (PBA UNJ) dengan SMA Bina Dharma Jakarta.

Kegiatan selama satu hari ini diselenggarakan dalam bentuk pelatihan pembuatan evaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan melibatkan 2 tim dosen pengabdi dan 9 orang mahasiswa PBA UNJ sebagai panitia penyelenggara, dan dihadiri oleh 51 peserta. Acara ini dipandu oleh MC Nida Karima Salsabila dan Irham Ramadhan,  

Pada Sesi Webinar, materi disampaikan oleh Ahmad Marzuq, M.Pd tentang “TIK dalam Pembelajaran Daring dan Pemanfaatan Flipbook”. Materi ini membahas tentang kuadran pembelajaran bauran (blended learning) dalam menyikapi persiapan pembelajaran tatap muka terbatas yang dikombinasikan dengan pembelajaran daring. 

Dalam pemaparannya,  Marzuq menjelaskan  pemanfaatan flipbook dalam pembelajaran bauran. "Namun, perlu dipahami bahwa TIK hanyalah alat, yang tetap membutuhkan guru/dosen sebagai pengajar dalam mengolah dan mengelola serta mengemasnya dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran." Ungkapnya 

Sementara itu Dr. Puti Zulharby, M.Pd menjelaskan tentang “Model-Model Evaluasi Pembelajaran Daring”. Pada materi ini disampaikan  bahwa "dalam merancang evaluasi pembelajaran daring ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu karakter generasi digital dan prinsip-prinsip dalam membuat evaluasi daring. Sehingga assessment tools yang digunakan dapat mengakomodasi kedua hal tersebut." Terangnya

Kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan dan pendampingan membuat assessment tools yang dipandu oleh alumni dan mahasiswa PBA UNJ. Pelatihan dan pendampingan pertama oleh Taqiya Alifia, S.Pd adalah alumni PBA UNJ mengenai “Memaksimalkan Fungsi Aplikasi Telegram Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring”. Aplikasi Telegram memiliki kelebihan pada pada fitur Quiz Bot yang dapat dimanfaatkan sebagai alat evaluasi pembelajaran. 

Kemudian pelatihan dan pendampingan kedua disampaikan oleh Muhammad Nidhal Alaydrus, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UNJ dengan tema “Quizziz Sebagai Model Kuis Interaktif di Masa Pembelajaran Daring”. Quizziz dirancang untuk memudahkan guru/dosen agar waktu mereka tidak habis dalam hal non-teaching, seperti membuat soal, mengoreksi soal dan lain sebagainya, yang membutuhkan banyak tools.  

Tidak ada komentar