Page Nav

HIDE

Update

latest

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sekolah Pascasarjana UHAMKA di SDN Bambu Apus 04

Koranmu.com - Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema Pelatihan Manajemen Kurikulum dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasil...






Koranmu.com - Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema Pelatihan Manajemen Kurikulum dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di ketuai oleh Dr. Ahmad Kosasih, MM, anggota Dr. Yessy Yanita Sari, M.Pd, melibatkan mahasiswa Suprapto, S.Pd, dan Sity Fatimah Kurniasari, S.Pd,. Kegiatan ini dilakukan pada hari Jumat - Sabtu, 24 - 25 Februari 2023 bertempat di SDN Bambu Apus 04 Jakarta Timur dengan narasumber Dr. Ahmad Kosasih, MM dan Suprapto, S.Pd. 

"Kegiatan PKM ini bermanfaat sekali untuk meningkatkan kualitas guru dan mengimplementasi kurikulum merdeka belajar" ungkap Sity Fatimah, Kepala Sekolah SDN Bambu Apus 04.

Pada sambutannya Kepala Sekolah SDN Bambu Apus 04 mengucapkan terima kasih kepada Sekolah Pascasarjana Uhamka yang telah memberikan pelatihan Manajemen kurkulum dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk guru-guru SDN Bambu Apus 04 Jakarta Timur dan berharap PKM selanjutnya dengan materi yang berbeda agar diadakan lagi di SDN Bambu Apus 04 Jakarta Timur.

"PKM ini bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi dan bagi mahasiswa mengimplementasikan materi-materi yang telah diberikan oleh dosen pengampu serta mensosialisasikan kurikulum merdeka belajar" ungkap Dr. Ahmad Kosasih, M. M. selalu ketua kegiatan.

Profil pelajar Pancasila merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional. Profil pelajar Pancasila berperan sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik.




Profil pelajar Pancasila harus dapat dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan karena perannya yang penting. Profil ini perlu sederhana dan mudah diingat dan dijalankan baik oleh pendidik maupun oleh pelajar agar dapat dihidupkan dalam kegiatan sehari-hari. Profil pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif.

Pelatihan manajemen kurikulum dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila diharapkan guru-guru dapat mengimplementasikan merencanakan projek, membuat modul projek, mengelola projek dan mendampingi peserta didik dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 




Tidak ada komentar